CATATAN PERJALANAN WISATA EDUKASI GREEN INDUSTRY 3

14 Jul 2015

Tanggal 16 Mei saya mendapatkan informasi dari teman kalau Semen Indonesia mengadakan sebuah acara Wisata Edukasi Green Industry (WEGI 3). Apa ya WEGI 3 itu? Saya mencoba mencari tau tentang WEGI 3 dan akhirnya saya daftar serta mengisi formulir. Setelah menunggu pengumuman alhamdulillah ahirnya saya lolos seleksi untuk mengikuti Wisata Green Industry 3. Perasaan senang bercampur penasaran, seperti apakah WEGI 3 itu yah???

Setelah mendapatkan konfirmasi via sms dari panitia WEGI 3, saya langsung membalas konfirmasi lewat sms kalau saya akan hadir untuk mengikuti acara WEGI 3 dengan penjemputan wilayah selatan di  surabaya.

Hari sabtu tanggal 6 juni 2015 saya berangkat dari Kabupaten Sampang menuju surabaya, karena titik penjemputan saya di koridoe selatan yaitu terminal purabaya Surabaya dan disana saya bertemu dengan beberapa blogger yang terpilih untuk mengikuti WEGI 3.

Agenda dimulai dari kunjungan ke pabrik semen Indonesia yang ada di Kabupaten Gresik, para peserta berhenti sejenak untuk sekedar melihat bangunan semen Gresik dan gantin baju serta cuci muka. Setelah dari kantor semen Geresik selanjutnya para peserta diajak menuju Weste Zero Project yaitu sebuah pengolahan sampah untuk menjadi barang tepat guna.

Weste Zero Project ini dibangun pada bulan November 2014, disini PT. Semen Indonesia mengelola sampah pada tempat pembuangan ahir sampah menjadi barang yang tepat guna. Disana para peserta disambut oleh Bapak heri Sugiarto selaku pengelola disana, beliau memaparkan kepada para peserta bahwa sampah yang masuk di TPA ini mencapai 2200 Ton dengan pemasukan perharinya 220 Ton.

Sampah disini dipisah antara logam plastik dan batu serta tanah. Pelastiknya dikelola menjadi barang yang dapat berguna, kemudian batu dan tanahnya digunakan untuk planning reklamasi botanical yang akan dilaksanakan mulai tahun 2016 nanti. Mesin pengelolahan sampah ini dibuat oleh China yang diadopsi dari jerman, pemprosesan sampah ini menjadi menjadi maksimal karena setiap harinya dapat mengolah sampah sekitar 60 ton sampah untuk dikelola menjadi barang tepat guna, dan bisa dipastikan dalam sebulan ada sekitar 180 ton sampah berhasil diolah . selain itu limbah sambah dari gresik ini juga diolah mejadi bahan bakar alternatif yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk pabrik semen yang ada di Kabupaten Tuban.

Weste Zero Project merupakan pengolahan sampah menjadi pupuk dan barang tepat guna lainnya, hal ini bentuk kepedulian PT. Semen Indonesia terhadap pemerintah Kabupaten Gresik dalam hal pengelolahan sampah. Sampah-sampah ini nantinya akan dikelola menjadi barang tepat guna dan 30% dari pengelolahan sampah oleh PT. Semen Indonesia akan dikelola menjadi pupuk. Kawasan Weste Zero Project ini dulunya merupakan bekas tambang dan saat ini telah disulap menjadi pengelolahan sampah yang dapat membantu pemda setempat dalam menangani sampah. Pemkab Gresik sangat merasa dibantu dengan adanya pengelolahan sampah ini.

Pengelolaan Sampah

Para Peserta Saat Tiba di Weste Zero Project

Setelah dari Weste Zero Project para peserta WEGI 3 lanjut menuju Pabrik PT. Semen Indonesia yang ada di Kabupaten Tuban, akan tetapi sebelum menuu kabupaten tuban para peserta diajak melewati waduk ngipik, yang mana waduk ini berfungsi untuk penampungan air minum. Selain itu kontribusi nyata dari PT. Semen Indonesia sudah banyak terbukti, terutama dibidang pendidikan dan lingkungan sekitar.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam ahirnya peserta WEGI 3 sampai di Pabrik PT. Semen Indonesia Tuban yang terletak di Kecamatan Merakurak Kabupaten tuban Provinsi Jawa Timur. Para peserta langsung menuju gedung yang biasanya ditempati acara dan para peserta langsung dijamu makan siang serta sholat sebelum acara indoor dimulai.

Setelah makan serta sholat para peserta lansung disambut oleh para kepala devisi PT. Semen Indonesia Tuban. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Aris, beliau menjelaskan tentang syarat berdirinya pabrik semen serta materi kedua disampaikan oleh bapak abi manyu, beliau menjelaskan tentang ‘’ Semen Sebagai Strategi Holding Company’’. Beliau menjelaskan bahwa pabrik semen berdiri pada tahun 1994 sejak pengerjaan dimulai pada tahun 1992. PT. Semen Gresik berganti nama menjadi PT. Semen Indonesia pada tanggal 7 Januari 2015 dan mempunyai cita-cita untuk berkembang keluar, tidak hanya di Indonesia akan tetapi bisa melebarkan saya di luar negeri. 

Pemater

Para Pemateri WEGI 3

Pabrik semen yang ada di Kabupaten Tuban merupakan pabrik terbesar produksinya. Kepedulian PT. Semen Indonesia adalah mengubah paradigma kedepan, kondisi terkini di pabrik semen Tuban sangat hijau dan asri serta ramah lingkungan. Beberapa program CSR sudah banyak dinikmati oleh masyarakat terutama masyarakat sekitar pabrik semen. Bukti kepedulian pabrik semen terhadap lingkungan adalah mengubah bekas tambang batu kapur menjadi lahan yang ditanami beberapa pohon produktif. Saat ini akan membangun pabrik semen di Kabupaten Rembang Jawa Tengah dan ini merupakan pabrik yang akan dibangun murni karya anak bangsa.

Setelah mengikuti acara indoor saatnya peserta diajak keliling pabrik semen untuk melihat langsung produksi semen, peserta diajak untuk melihat langsung tambang batu kapur serta bekas tambang batu kapur yang saat ini ditanami pohon produktif, para peserta berhenti sejenak di area tambang batu kapur untuk menyaksikan langsung proses tambang serta mengabadikan foto sunset di area tambang, keren sekali foto di area ini,fotonya di atas ketinggian dengan background pabrik semen serta pepohonan yang masih hijau.

Tambang

Tambang Batu Kapur PT. Semen Indonesia

Bahan baku semen adalah batu 80% batu kapur dan 20% adalah tanah liat, selebihnya adalah bahan pendukung. Pengolahan semen disini menggunakan batu bara untuk bahn bakarnya, selain memakai batu bara, pabrik juga mnemakai sekam padi, hal ini sebagai kepedulian terhadap lingkungan. Senangnya jika kita mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara WEGI ini,kita dapat menyaksikan secara langsung proses produksi serta banyak ilmu yang kita dapatkan dan tentunya kita akan menambah teman.

Setelah selesai rangkaian acara WEGI 3 saatnya paserta kembali pulang ke daerah masing-masing, akan tetapi sebelum pulang ada beberapa peserta yang mendapatkan doorprize karena mereka telah mengikuti rangkaian acara mulai dari awal sampai ahir, dan pada acara ini panitia mengadakan lomba Live Tweet, jadi peserta yang beruntung akan mendapatkan bingkisan yang menarik berupa barang-barang elektronik dan bingkisan berupa buku.

Saya menjadi salah satu orang yang mendapatkan hadiah lomba live tweet, saya selalu update via twitter acara ini dari awal sampai ahir, dan alhamdulillah dapet doorprize juga. Perlu kita ketahui bahwa acara ini geratis dan tidak dipungut biaya, sudah geratis dan dapet ilmu, goodybag serta mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung produksi di pabrik semen tuban dan ditambah dapet doorprize lagi.

Selesai sudah acara WEGI 3 dan saatnya para peserta kembali pulang ke kampung halaman masing-masing, semoga acara ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan kita dan terimakasih atas semua yang telah diberikan kepada para peserta. Teruslah berkontribusi kepada negeri PT. Semen Indonesia.

peserta Live Tweet

Live Tweet

Pemenang Lomba Live Tweet


TAGS


-

Author

Follow Me